anak gifted

May 9, 2010 putri novira

Hoogbegaafd met spoor van autisme (gifted dengan gejala/syndrom autisme), demikian deteksi yang diberikan oleh Centrum voor Begaafheid Onderzoek – CBO (Pusat Penelitian Keberbakatan) dari Katholieke Universiteit van Nijmegen Nederland saat Jos (bukan nama sebenarnya), anak saya, di tahun 2001 itu berusia persis yang kelima, setelah saya harus menunggu pengerjaan berbagai test psikologi itu selama dua tahun lamanya sampai ia benar-benar bisa diajak komunikasi dua arah. Dijelaskan juga dalam hasil test itu, sekalipun dikatakan bahwa Jos mempunyai spoor van autisme, namun bukan berarti bahwa ia adalah penyandang autis, sebab gangguan perkembangan komunikasi, sosial, dan emosi yang ada padanya disebabkan karena keterlambatan perkembangan bahasa dan bicara. Ia masih bisa berbahasa simbolik dan sangat sosial. Dari pengamatan terhadap perilaku, menunjukkan bahwa ia mempunyai gejala autisme, namun dari berbagai subtest psikologi ia menunjukkan sebagai anak gifted yang mengalami perkembangan tidak harmonis, yang dapat menyebabkan gangguan belajar (learning disabilities).

Awal dari apa yang harus saya hadapi ini adalah, saat ia berusia tiga tahun, keluhan keluar dari semua ibu guru di dua kelompok bermain tentang keanehan Jos. Ia dinilai oleh para guru sebagai anak yang tertinggal, kemungkinan kurang cerdas karena tidak bisa mengerjakan berbagai tugas (menggambar, menggunting, menempel, menyanyi, bermain bersama teman), belum bisa bicara apa-apa, hiperaktif hanya berlari keliling ruang – tidak bisa duduk diam, dan kemungkinan juga autisme karena ia hanya mau bermain sendiri, tanpa teman. Saya sendiri tidak merasa mempunyai gangguan pada anak saya, ia tumbuh sebagai bayi sehat, perkembangan motoriknya sangat hebat jauh mendahului kemampuan anak-anak seusianya, ia bisa berkomunikasi secara simbolik dengan saya, ia mempunyai hubungan bathin yang erat dengan saya, ia senang sekali bercanda-canda, selalu mempunyai senyum sosial, dan ia sangat mengerti apa artinya nyanyian melodi sedih hingga ia menangis tersedu sedu, tetapi berjingkrak jingkrak jika mendengar lagu riang. Tetapi semakin lama saya pun merasakannya, saya kewalahan karena ia selalu berlari, jungkir balik, selalu berkelahi dengan anak tetangga yang seusia, tidak mau makan dengan benar (pemilihan menu yang sulit, harus mempunyai rasa dan bentuk yang sama – tidak boleh terlalu merah atau terlalu pucat untuk kentang goreng misalnya, makan hanya itu itu saja), dipanggil kadang merespon kadang tidak, tidak mau mendengarkan larangan, makin sulit diberi perintah, mempunyai ritual yang tidak bisa ditinggalkan, tidak mau buang air di tempat lain, sulit akan perubahan, marah jika harus meliwati jalan lain, marah jika ada barang dipindah-pindah, terlalu pembersih, dan mempunyai perkembangan rasa takut yang hebat yang masing kadang muncul hingga usianya yang ke lima. Situasi puncak tersulit adalah di usianya menjelang ketiga sampai beberapa bulan sesudah usia tiga, dimana selalu diwarnai dengan gelombang kemarahan, menangis, dan mengamuk. Hal yang paling membuat kami kesulitan adalah kebiasaannya yang tidak mau mendengar, padahal dalam berbagai pemeriksaan telinga ia tidak tuli. Bicara dua arah pun baru bisa dilakukannya di usianya yang kelima. Serta keras kepala dan perfeksionistnya luar biasa, yang menyebabkan ketidak fleksibelan serta menarik situasi yang konfrontatif baik dengan teman bermain, dan orang tua.

sumber: http://gifted-disinkroni.blogspot.com/2004/09/pengalaman-dengan-anak-gifted-with.html

Entry Filed under: Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Pages

Categories

Calendar

May 2010
M T W T F S S
« Apr    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Most Recent Posts

 
%d bloggers like this: