ADHD

May 10, 2010 putri novira

From : Rini [ 17-12-2009 ]
Anak sy sekarang berumur 5 tahun.tapi sepertinya mengalami keterlambatan dalam merespon kata2…istilahnya g pernah nyambung kalo ditanya,kecuali dalam satu hal…alat-alat berat seperti excavator,forklift dll.

Anaknya memang susah diam,usil,dan kadang kalo bermain suka teriak2 walaupun teman mainnya sebenarnya biasa2 saja. Belum lagi kalo ada hal2 yang dianggapnya lucu..dia akan meresponnya dengan tertawa terus…terkadang keadaan ini membuat saya khawatir. Sekarang dia bersekolah di TK A,menurut gurunya dibanding saat dia masih di playgroup dulu, interaksinya sudah lumayan,hanya saja emang anaknya gak bisa diam.
Kalo dibilang nakal sih, engga juga, cuma emang dia terkadang sangat impulsif….kalo sekarang sifat impulsif itu sepertinya berkurang.
yang membuat saya semakin khawatir sebenarnya adalah keterlambatan bicaranya. Saya ga tau apakah ini keterlambatan bicara atau kesulitan merangkaikan kata2…karena kosakatanya lumayan,termasuk kosa kata bahasa inggrisnya. Diberi tahu sekali aja dia langsung ingat .
nah…apakah anak saya ini wajar atau masuk ke dalam kategori ADHD??
Oh ya..riwayat persalinan saya memang susah…dan akhirnya harus sectio..dan selama hamil sy memang mengkonsumsi obat2an karena Lupus yang sy derita sebelumnya muncul saat kehamilan sy berumur 28 mgg…
Atas perhatiannya,banyak terima kasih
Jawab:
Ibu Rini, tampaknya memang anak Anda harus dievaluasi lebih lanjut oleh dokter/psikiater karena keterlambatan bicara sampai 5 tahun bukanlah keadaan yang wajar, apalagi jika merujuk pada gejala-gejala lain yang Ibu ungkapkan nampaknya bukan gejala ADHD murni (seperti kurang kontak sosial, tertawa berkepanjangan, hanya fokus pada minatnya yaitu alat-alat berat, dll).
Oleh karena itu sebaiknya anak Anda dapat diobservasi langsung oleh ahlinya untuk mendapatkan kesimpulan yang lebih tepat karena ‘penglihatan’ ahli dan beberapa tes yang diberikan sangat diperlukan untuk mengkonfirmasi kesimpulan/ diagnosis yang tepat.
Dalam rubrik konsultasi di website ini, saya tidak berani berkomentar lebih jauh karena gejala-gejala yang Ibu ceritakan masih luas untuk dapat diambil kesimpulan yang menjurus ke diagnosis.
Untuk itu dapat saya sarankan agar Ibu melihat ‘physician info’ agar dapat memilih dokter yang dekat dengan domisili Ibu.
Salam,
Dr. Dharmawan A. Purnama, SpKJ
sumber: http://adhd.or.id/

Entry Filed under: Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Pages

Categories

Calendar

May 2010
M T W T F S S
« Apr    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Most Recent Posts

 
%d bloggers like this: